Segarnya Bisnis Jus Buah

Segarnya Bisnis Jus Buah

Segarnya Bisnis Jus Buah – Pada saat musim kemarau tiba, bisnis jus buah adalah salah satu usaha yang menjanjikan keuntungan dan layak kita coba.

Bisnis jus buah ini bisa dikategorikan juga sebagai bisnis musiman. Kita bisa memperoleh keuntungan besar dari bisnis jus buah.

Bahan baku minuman jus buah sangat murah, tetapi keuntungan yang didapat bisa mencapai 150% hingga 300%.

Alat yang dibutuhkan pun hanya alat pembuat jus atau Blender yang harganya tidak mencapai jutaan rupiah.

Penjualan jus buah ini akan lebih optimal jika menjualnya pada pagi sampai sore hari, khususnya saat cuaca sedang panas.

Kondisi alam indonesia yang panas, tentu saja membuat bisnis jus buah cukup prospektif untuk dijalankan karena banyak peminatnya.

Rasa segar dari buah-buahan ditambah es membuat rasa yang nikmat dan menyegarkan bagi pembelinya. Selain rasa yang segar, jus buah juga kaya akan kandungan vitamin dan zat gizi.

Tingginya minat masyarakat dalam mengkonsumsi jus buah, baik dengan alasan kesehatan maupun sekedar pelepas dahaga, bisa kita manfaatkan untuk memperoleh keuntungan.

Jus buah rumahan memang memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan jus pabrikan.
Keunggulan itu antara lain sifatnya yang alami, tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna, kelebihan ini adalah nilai plus bagi kita jika ingin berjualan jus buah.

 

Ragam Jus Buah

Ragam jus buah saat ini semakin berkembang, jika dulu penjual jus buah hanya berbahan baku buah-buahan saja, saat ini sudah banyak variasinya.

Banyak pebisnis jus buah membuat jus berbahan baku biki-bijian, seperti kacang hijau atau kedelai.

Ada juga yang membuat jus berbahan sayuran (mixed jus) seperti campuran jus bayam, wortel, emntimun dan lain lain.

Selain itu saat ini buah-buahan yang dijadikan bahan baku jus buah juga banyak variasinya, tidak hanya buah-buahan yang menyegarkan saja tetapi juga buah-buahan yang menyehatkan seperti belimbing, jambu merah, apel, alpukat dan lain sebagainya.

Memulai Bisnis Jus Buah

Untuk berbisnis jus buah, modal yang kita perlukan tidak terlalu besar. Cukup membeli peralatan dasar sederhana seperti blender, penyaring, panci, sedotan.

Selain itu juga dibutuhkan bahan pengemas seperti botol atau gelas plastik.

Sebagai tempat untuk menarush peralatan tersebut, kita harus memiliki etalase yang biasanya berbahan alumunium, hal ini agar mudah dalam membersihkan dan menambah penampilan.

Langkah selanjutnya adalah kita mempersiapkan bahan baku jus buah, seperti buah-buahan, gula (biasanya dalam bentuk cair), susu cair dan es.

Sebaiknya buah-buahan dibeli dua hari sekali, hal ini untuk menghindari agar kita tidak kelebihan stok buah-buahan yang dikhawatirkan jika tidak terjual akan cepat membusuk.

Sedangkan untuk bahan lain seperti gula dan susu cair, kita bisa membelinya seminggu sekali.
Buah yang dipakai untuk bisnis jus buah diusahakan selengkap mungkin sesuai dengan kegemaran konsumen.

Baca juga Renyahnya Bisnis Gorengan

Strategi Bisnis Jus Buah

Untuk sukses berbisnis jus buah, kita perlu membaca resep aneka jus baik dari buku maupun internet, hal ini untuk meningkatkan rasa produk kita.

Hal yang penting lainnya adalah kita harus memilih kemasan yang menarik agar memiliki nilai tambah dimata konsumen.

Selain menarik kemasan yang kita pilih harus bisa menjaga kestabilan rasa jus, botol kaca adalah pilihan terbaik, tetapi jika pertimbangan biaya dan harga jual, kita bisa memakai gelas plastik.

Untuk pemasaran, jus rumahan ini dapat kita pasarkan di beberapa lokasi seperti kantin sekolah, kampus, perkantoran, rumah sakit, pasar, pusat perbelanjaan atau di depan rumah.

Carilah tempat terbuka yang luas dan ramai, saat ini banyak pelaku usaha jus buah yang menyewa tempat perbelanjaan atau mini market.

Tips Bisnis Jus Buah

Jika ingin memulai Bisnis Jus Buah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan

  • Siapkan tempat berjualan, bisa menyewa tempat atau didepan rumah kita sendiri
  • Siapkan peralatan seperti blender, gelas plastik berikut sedotan minumnya
  • Bisnis jus buah sudah menjamur, agar terlihat lebih menarik dibandingkan pesaing, kita bisa mencoba resep-resep jus buah kemudian memberi nama jus buah kita dengan nama yang unik.
  • Selalu membeli buah-buahan yang segar bisa dari petani langsung atau di Supermarket
  • Tulis semua peralatan yang dibutuhkan dan segera penuhi.
  • Pastikan anda mengutamakan kebersihan, selalu gunakan peralatan yang bersih dan selalu bersihkan peralatan yang habis digunakan.
  • Perlu juga disiapkan tempat sampah yang tertutup agar lalat tidak datang
  • SIapkan beberapa kursi sebagai tempat menunggu
  • Pastikan terus kesegaran buah, jika ada yang busuk jangan dipakai segera buang.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *