urine

Kenali Ciri Air Kencing Sehat Dan Tak Sehat

Kenali Ciri Air Kencing Sehat Dan Tak Sehat – Ginjal mempunyai fungsi yang luar biasa dalam tubuh manusia. Fungsi ginjal antara lain untuk menyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah, menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh, serta menjaga konsentrasi elektrolit dan keseimbangan asam basa. Selain itu ginjal juga mewujudkan hormon yang membantu produksi sel darah merah.

Fungsi ginjal lainnya ialah menyaring dan membuang limbah, seperti racun, garam berlebih, dan urea (limbah mengandung nitrogen hasil dari metabolisme protein). Urea yang terwujud dalam tubuh diangkut melalui darah ke ginjal untuk kemudian dibuang. Jadi boleh dibilang jika, limbah dan racun akan menumpuk dalam darah tanpa fungsi ginjal bekerja optimal.

Minum air putih yang cukup kapabel mencegah terjadinya berjenis-jenis penyakit seperti infeksi saluran kemih dan terbentuknya batu ginjal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit ginjal kronis.

Selain itu, bagi Anda yang suka berolahraga, asupan cairan patut dipandang agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Berikut ini yakni penjelasan mengenai warna air seni yang menampilkan apakah kita kekurangan cairan tubuh atau tidak.

Transparan dan bening

Warna transparan dan bening pada air seni menampilkan bahwa Anda telah banyak meminum air dan tidak mengalami dehidrasi.

Kuning pucat dan kuning transparan

Warna kuning pucat yakni warna yang normal untuk air seni. Ini menampilkan bahwa Anda sehat dan tidak dehidrasi. Kebanyakan orang mempunyai warna air seni kuning pucat atau kuning transparan. Kedua warna ini sama-sama menampilkan situasi tubuh yang normal.

Kuning tua

Ini berarti Anda tidak mengalami dehidrasi. Setidaknya belum. Sekiranya Anda memandang warna air seni kuning tua, sebaiknya Anda lantas minum air putih setelahnya. Sebab warna ini menampilkan bahwa Anda hampir mengalami dehidrasi bila tidak minum dalam waktu dekat.

Warna madu atau amber

Tubuh Anda tidak mendapatkan cukup cairan sehingga warna air seni Anda lebih tua dan hampir seperti warna madu. Sekiranya mengetahui warna ini dalam air seni, sebaiknya lantas minum secepatnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Cokelat

Hati-hati bila Anda memandang warna air seni cokelat ini. Warna ini dapat berarti Anda mengalami dehidrasi parah atau mempunyai permasalahan dengan liver. Segera penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air. Melainkan bila warna air seni Anda masih tetap cokelat sebaiknya lantas temui dokter.

Meminum air putih yang cukup akan membantu kita membantu menjaga ginjal dari risiko penyakit ginjal, karena dengan minum air putih akan menolong proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui peluh, urin dan kotoran.

Ingat ketika anda kekurangan cairan, hakekatnya tubuh telah memberikan indikasi merupakan anda pada umumnya merasa haus, pertanda berikutnya apabila tubuh kekurangan cairan merupakan air kemih berwarna lebih gelap dari umumnya. Jadi apabila anda merasakan 2 hal itu segeralah minum air putih yang banyak, ingat ya AIR PUTIH bukan teh, kopi apalagi softdrink.

Semoga bermanfaat..

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *