Fakta tentang Obesitas

Fakta tentang Obesitas

Fakta tentang Obesitas – Obesitas yakni penumpukan lemak berlebih atau tidak normal yang bisa mengganggu kesehatan. Pada orang dewasa, BMI (Indeks Massa Tubuh) yakni indeks yang umum digunakan untuk kategori berat dan tinggi badan.

BMI seseorang dievaluasi dengan membagi berat badannya dalam kilogram dengan tinggi badannya dalam meter kuadrat. Pada orang dewasa, obesitas didefinisikan sebagai berikut oleh WHO;
• BMI lebih besar dari atau sama dengan 25 yakni kelebihan berat badan
• BMI sama dengan atau lebih besar dari 30 sebagai obesitas

Umur pada anak-anak memainkan peran penting dalam definisi obesitas. Kecil-anak di bawah usia lima tahun dianggap obesitas sekiranya berat badan-untuk-tinggi mereka lebih dari 3 pada standar deviasi di median standar pertumbuhan anak WHO.

Rujukan Pertumbuhan WHO menganggap anak-anak yang berusia antara 5-19 tahun mengalami obesitas sekiranya berat badan untuk tinggi badan mereka di atas 2 pada standar deviasi.

Fakta tentang obesitas

Pada tahun 2016, sekitar 13% dari populasi dunia dianggap mengalami obesitas di mana dari angka-angka ini, 11% yakni pria meskipun 15% yakni wanita.

Pada tahun yang sama sekitar 41 juta, anak-anak di bawah 15 tahun mengalami obesitas, sementara 340 juta anak berusia antara 5-19 tahun mengalami obesitas.

Obesitas telah lama dianggap sebagai situasi sulit di negara-negara berpenghasilan tinggi, tapi kini semuanya berubah karena baru-baru ini terjadi peningkatan obesitas di negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah.

Seumpama sejak tahun 2000, telah terjadi peningkatan kasus berkaitan obesitas di Afrika di mana jumlahnya telah meningkat dengan nilai estimasi 50% pada anak-anak. Di Asia, hampir separuh dari anak-anak di bawah usia 5 tahun dianggap mengalami obesitas dalam data yang dikumpulkan pada 2016.

Lebih banyak kematian juga dikaitkan dengan obesitas dan kelebihan berat badan dibandingi dengan kematian imbas situasi sulit berkaitan kekurangan berat badan.

Baca juga Manfaat Ceplukan Yang Luar Biasa
Penyebab obesitas

Obesitas terlebih disebabkan oleh asimetri tingkat tenaga antara kalori yang habis dan yang dikonsumsi. Sudah ada peningkatan global dalam;

(a) asupan makanan yang padat tenaga dan tinggi lemak.

(b) Peningkatan dormansi jasmani karena sifat terikat meja dari struktur profesi, urbanisasi dan bermacam-macam format transportasi. Perubahan lingkungan dan sosial telah menyebabkan perubahan pada pola jasmani dan pola makan.

Kurangnya dukungan tindakan di sektor kesehatan, pertanian, pengajaran dan transportasi juga menambah beberapa perubahan yang nampak.

Peningkatan tingkat BMI menghasilkan sejumlah penyakit menular seperti;

• Penyakit kardiovaskular (stroke dan serangan jantung).
• Kanker (ginjal dan usus besar)
• Gangguan muskuloskeletal (osteoartritis)
• Diabetes

Risiko penyakit juga ditemukan meningkat dengan peningkatan kadar BMI. Sebagian kecacatan dan kematian dini telah dikaitkan dengan obesitas di mana anak-anak tumbuh menjadi dewasa dengan kondisi tersebut.

Kecil-anak yang mengalami obesitas juga mengalami kesulitan bernapas, hipertensi, dan resistensi pada insulin, peningkatan fraktur dan efek psikis.

Obesitas, kegemukan dan penyakit tak menular lainnya bisa dicegah. Komunitas dan lingkungan, yang menunjang, yakni kunci dalam menyusun opsi masyarakat. Orang-orang bisa membikin opsi terbaik dalam hal makan makanan sehat dan latihan jasmani secara teratur, yang akan berujung pada pengurangan dan pencegahan obesitas dan situasi sulit berkaitan kelebihan berat badan.

Pada tingkat individu, seseorang bisa mengendalikan asupan lemak dan makanan manis meningkatkan asupan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Individu juga semestinya mengerjakan kesibukan jasmani rutin. Dalam hal promosi diet sehat, industri makanan juga bisa memainkan peran penting yang bisa dipastikan;
• Makanan olahan telah mengurangi kadar lemak dan gula
• Semua konsumen bisa membeli makanan sehat.
• Makanan yang dialamatkan untuk anak-anak dan remaja telah mengurangi gula, lemak, dan garam.
• Mendukung kesibukan jasmani rutin.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *