Bisnis pada Musim Hujan

Bisnis pada Musim Hujan

Bisnis pada Musim Hujan – Pada musim penghujan, banyak orang menghentikan atau mengurangi omset bisnisnya, dengan dalih musim hujan dagangan sepi, khawatir resiko akibat cuaca dan lain sebagainya.

Sebenarnya saat musim penghujan datang justru ada beberapa peluang bisnis yang bias kita kerjakan untuk meraup keuntungan.

Bisnis apa sajakah itu? Berikut ada beberapa pilhan usaha yang pas dengan datangnya musim penghujan.

Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Tidak bisa dipungkiri dengan datangnya musim hujan menjadikan kendaraan kita, baik mobil maupun motor menjadi mudah kotor karena terkena air hujan dan lumpur.

Mobil atau motor kotor tentu saja membuat risih dan mengurangi keindahan. Para pemilik kendaraan bermotor hamper sebagian besar menginginkan kendaraannya tetap tapil bersih.

Hal ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Saat ini banyak peminat bisnis pencucian mobil dan motor.

Prospek bisnis ini cukup bagus mengingat secara statistik jumlah pemilik kendaraan bermotor semakin meningkat baik di perkotaan maupun pedesaan.

Semakin meningkatnya jumlah pemilik kendaraan bermotor akan meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap jasa pencucian kendaraan bermotor.

Rutinitas pekerjaan membuat masyarakat kadang tidak mempunya waktu untuk mencuci sendiri, sehingga para pemilik kendaraan bermotor ini lebih memilih untuk mencuci motornya ditempat pencucian mobil atau motor.

Pertimbangan lain kenapa mereka lebih memilih untuk mencuci ditempat pencucian mobil atau motor adalah lebih bersih, menghemat waktu dan tenaga juga menghemat air dan listrik.

Hambatan dan Peluang Usaha

Dalam bisnis cuci mobil dan motor ini, investasi awal diantaranya untuk membeli mesin pompa air atau mesin penyemprot, sikat dan lap serta kursi tunggu pelanggan.

Sedangkan kebutuhan modal kerja dipergunakan untuk membeli shampoo mobil, semir ban dan daya listrik.
Hambatan dalam menjalankan bisnis ini selain persaingan yang ketat juga harga pompa air atau mesin penyemprot yang mahal, dan kendala mati listrik.

Dalam bisnis jasa pencucian mobil atau motor, jumlah konsumen yang datang sangat menentukan besar / kecilnya pendapatan yang kita terima.

Kita harus memiliki strategi yang jitu agar konsumen yang menggunakan jasa kita semakin banyak.

Strategi itu bisa berupa pemberian layanan yang lebih baik dan cepat serta memuaskan, tarif cuci yang lebih murah, memberikan diskon, bisa juga menggunakan fasilitas pencucian yang lebih nyaman dengan menyediakan televise atau Koran agar pelanggan tidak bosan menunggu.

Strategi lain adalah dengan menggunakan system pencucian sabun salju.

Strategi yang penting lainnya adalah, jangan lelah untuk melakukan promosi, bias dilakukan dengan menyebar brosur ke tempat-tempat umum seperti perkantoran, kampus dan perumahan.

Promosi juga bias dilakukan dengan menggunakan media sosial, karena strategi promosi ini cukup efektif untuk mendongkrak jumlah konsumen usaha pencucian mobil atau motor kita.

Baca juga Bisnis Cuci Helm

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *