Bisnis Cuci Helm

Bisnis Cuci Helm

Bisnis Cuci Helm – Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor juga memberi peluang bisnis yang lain yaitu usaha Cuci helm. Kenapa tidak? Seiring meningkatnya jumlah kendaraan bermotor maka jaumlah pengguna helm juga akan meningkat.

Para pengguna helm ini hamper sebagian besar merasa malas untuk merawat helmnya, membersihkan dan mencuci helm adalah aktivitas yang tidak pernah mereka lakukan.

Bukankan kemalasan mereka bisa menjadi peluang bisnis bagi kita?.

Bisnis cuci helm kendaraan bermotor merupakan bisnis baru yang cuikup diminati oleh masyarakat.
Prospek bisnis ini cukup menjanjikan, omset yang dihasilkan bisa mencapai jutaan rupiah setiap bulannya.

Baca Bisnis Pada Musim Hujan

Prospek dan Kendala Bisnis Cuci Helm

Mencuci helm merupakan pekerjaan rumit yang proses pengeringannya tidak banyak diketahui.
Jika proses pencuciannya tidak benar-benar kering sempurna justru akan menimbulkan aroma dan bau yang tidak sedap.

Itulah sebabnya kenapa banyak pemakai helm lebih memilih mencucikan helm di tempat pencucian helm daripada mencuci sendiri.

Selain rumit, Pertimbangan lain adalah dengan mencucikan helm di tempat pencucian helm akan lebih bersih, menghemat tenaga dan waktu.

Proses pencucian helm ini membutuhkan waktu sekitar satu jam dan helm sudah kembali bersih dengan aroma harum.

Untuk memulai bisnis jasa cuci helm, kita perlu mesin pompa air, sabun dan shampoo yang khusus untuk helm serta mesin pengering.

Hambatan dalam dalam menjalankan bisnis jasa cuci helm adalah factor musim, naiknya tariff listrik dan air, pesaing yang semakin bertambah banyak dan harga cuci helm yang semakin kompetitif.

Baca juga Bisnis Lain Di Musim Hujan

Strategi Bisnis Cuci Helm

Beberapa strategi bisnis yang bisa diterapkan untuk menjalankan bisnis usaha jasa cuci helm hamper sama dengan strategi pada usaha cuci mobil dan motor.

Strategi itu bisa berupa pemberian layanan yang lebih baik dan cepat serta memuaskan, tarif cuci yang lebih murah, memberikan diskon, bisa juga menggunakan fasilitas pencucian yang lebih nyaman dengan menyediakan televise atau Koran agar pelanggan tidak bosan menunggu.

Strategi yang penting lainnya adalah, jangan lelah untuk melakukan promosi, bias dilakukan dengan menyebar brosur ke tempat-tempat umum seperti perkantoran, kampus dan perumahan.

Promosi juga bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial, karena strategi promosi ini cukup efektif untuk mendongkrak jumlah konsumen usaha pencucian mobil atau motor kita.

Strategi lain yang bisa dipergunakan untuk menjaring konsumen adalah dengan membuka tempat usaha jasa cuci helm di Mall.

Walaupun mengeluarkan tambahan biaya untuk menyewa tempat di mall, tapi dengan membuka lokasi usaha jasa cuci helm di Mall sngat efektif untuk menambah jumlah konsumen.

Penyewaan tempat usaha di Mall ini bukan di dalam Mall ya, tetapi akan lebih bagus kalau lokasi jasa cuci helm ini berada di Area atau seputaran area parker motor yang ada di Mall.

Jadi ketika pengunjung Mall yang datang dengan menggunakan sepeda motor, sembari mereka berjalan-jalan di Mall entah itu untuk berbelanja atau sekedar cuci mata, mereka bias mencucikan helm mereka juga.

Jalan-jalan dan belanja selesali, Helm kembali bersih dan wangi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *